Menaker Sosialisasikan Migrasi Aman dalam Dunia Terbalik

Menaker Sosialisasikan Migrasi Aman dalam Dunia Terbalik
Adegan dalam sinetron Dunia Terbalik. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri tampil dalam sinetron 'Dunia Terbalik' yang tayang di RCTI.

Kemunculan Menaker dalam sinetron itu bukan tanpa alasan. Dunia Terbalik merupakan salah satu sinetron dengan menjadikan kampung dan keluarga Tenaga Kerja Indonesia sebagai latar cerita. 

“Temuan kami di lapangan menunjukkan, Dunia Terbalik menjadi salah satu tontonan yang popular di masyarakat pedesaan, termasuk di desa-desa kantong TKI,” kata Menaker di Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2017 saat menjelaskan alasan tampil di acara tersebut. 

Atas dasar tersebut, Menaker memandang sangat efektif bila bisa memasukkan unsur sosialisasi tentang cara bermigrasi yang benar dan aman di luar negeri. Dengan demikian, masyarakat dan calon TKI tidak terjebak menjadi pekerja migran yang ilegal.

Ternyata, saat berkoordinasi dengan pihak produser dan stasiun televisi, ide tersebut disambut baik. Bahkan pihak produser mempersilakan Menaker tampil langsung dalam sinetron tersebut untuk memberikan sosialisasi.

“Jadi ini bukan dimaksudkan untuk numpang tenar atau pencitraan. Tanpa tampil disenetron, saya sudah tenar,” ujar Hanif dengan nada gurau.

“Tapi ini semata-mata untuk kepentingan sosialisasi bagaimana bermigrasi yang aman, sehingga masyarakat terhindar menjadi TKI ilegal serta terhindar dari tindak pidana perdagangan orang," lanjutnya.

Terpisah, produser sekaligus penulis ide cerita Dunia Terbalik, Mudakir Rifai mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kesediaan Menaker tampil dalam sinetron tersebut. “Kehadiran Menaker memberi perspektif baru terkait masalah bagaimana cara menjadi TKI di luar negeri yang aman, serta bagaimana memberdayakan keluarga TKI di kampung halamannya,” ujar Mudakir.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri tampil dalam sinetron 'Dunia Terbalik' yang tayang di RCTI. Kemunculannya itu untuk mensosialisasikan migrasi yang aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News