Menakertrans Akui Sistem Informasi Pemerintah Lemah

Menakertrans Akui Sistem Informasi Pemerintah Lemah
Menakertrans Akui Sistem Informasi Pemerintah Lemah
GARUT - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengakui bahwa sistem informasi mengenai tenaga kerja milik pemerintah khususnya Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang tersebar di daerah.

Muhaimin menyebutkan, adanya tiga buah sistem yang sudah beroperasi hingga saat ini masih belum dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Ketiga sistem tersebut, antara lain  sistem online, media massa, dan dinas tenaga kerja daerah.

Dijelaskan,  sistem online yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK), tidak semua masyarakat bisa mengakses informasi tersebut. Selanjutnya, media massa. Hanya media-media yang sudah melakukan kerjasama saja yang memuatnya. Terakhir, dinas setempat. “Evaluasi 3 jalur yang dilakukan tidak efektif karena tidak diimbangi sarana yang bisa memanfaatkan sistem informasi oleh masyarakat,” ujarnya.

Ke depannya, mantan Wakil Ketua DPR tersebut mengungkapkan bahwa  pihaknya  akan memanfaatkan televisi dan jaringan sosial masyarakat, seperti LSM atau lembaga pendidikan dan kelompok masyarakat. "Pemerintah akan memberikan bantuan jaringan komputer dan internet kepada pihak yang akan melakukan kerjasama. Media juga akan kita optimalkan,” imbuhnya.

GARUT - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengakui bahwa sistem informasi mengenai tenaga kerja milik pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News