JPNN.com

Menang 1-0 atas Jerman, Spanyol ke Final

Kamis, 08 Juli 2010 – 03:27 WIB
Menang 1-0 atas Jerman, Spanyol ke Final - JPNN.com
KE FINAL - Sundulan Carles Puyol yang menentukan kemenangan Spanyol atas Jerman di semifinal kedua PD 2010, yang digelar di Stadion Moses Mabhida, Durban. Foto: Getty Images/FIFA.com.
DURBAN - Sebagai ajang pertama kalinya di benua Afrika, Piala Dunia (PD) 2010 tampaknya juga akhirnya bakal menghasilkan juara baru. Ini setelah Spanyol sukses mengalahkan Jerman 1-0, dalam laga semifinal Rabu (7/7) malam atau Kamis (8/7) dinihari, yang digelar di Stadion Moses Mabhida, Durban. Tim Matador melaju ke final untuk jumpa Belanda yang di semifinal sebelumnya sudah menaklukkan Uruguay.

Sebagaimana diketahui, kedua negara sama sekali belum pernah meraih trofi PD sebelumnya. Belanda pernah menjadi runner up PD dua kali, yaitu tahun 1974 dan 1978 di era kejayaan Johan Cruyff dengan gaya total football-nya, namun harus kalah masing-masing dari Jerman (Jerman Barat waktu itu, Red) serta Argentina. Sementara bagi Spanyol, prestasi terbaik mereka sebelum ini hanyalah sebagai peringkat keempat (semifinalis) pada PD 1950 di Brazil.

Pertandingan Jerman kontra Spanyol semalam sendiri berlangsung cukup ketat dan tegang, dengan Der Panzer - julukan Jerman - yang tampak jauh lebih berhati-hati dari penampilan mereka sebelumnya, khususnya di babak pertama. Ini agaknya mengingat lawan mereka adalah Spanyol, tim yang selain pernah memupus harapan gelar mereka di final Euro 2008, adalah juga tim yang dikenal punya barisan pemain tengah agresif dan kreatif.

Hingga memasuki babak kedua, skor 0-0 tak jua kunjung berubah, dengan pertahanan dan serangan kedua tim terlihat masih sama-sama imbang. Sejumlah peluang sejauh itu sudah coba dibuat oleh kedua tim, namun belum membuahkan hasil. Hingga akhirnya pada menit ke-73, momen penentu itu datang. Berawal dari tendangan sudut di bagian kanan pertahanan Jerman yang dilakukan Xavi Hernandez, sebuah sundulan textbook dari bek Carles Puyol berhasil merobek gawang Jerman yang dijaga Manuel Neuer.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito