Menang Pemilu, Erdogan Berjanji Basmi Dua Kelompok Ini

Menang Pemilu, Erdogan Berjanji Basmi Dua Kelompok Ini
Erdogan menyapa pendukungnya di Ankara sebelum menyampaikan pidato kemenangan. Foto: Anadolu Agency

jpnn.com, ANKARA - Recep Tayyip Erdogan dipastikan keluar sebagai pemenang pemilu dan kembali menjabat presiden Turki untuk satu periode ke depan. Kini, dia harus merealisasikan janjinya-janjinya pada masa kampanye.

Salah satu janji itu adalah lebih gigih membasmi pemberontak Kurdi. Erdogan juga memerangi para pendukung Fethullah Gulen: cendekiawan, tokoh oposisi, mantan sahabat, dan tertuduh dalang kudeta 2016.

”Kami akan memburu organisasi teroris dengan tekad yang lebih kuat,” tegas Erdogan dalam pidato kemenangan di hadapan para pendukungnya kemarin, Senin (25/6).

Erdogan juga menebar janji manis soal ekonomi. Dia sesumbar akan mengatasi ancaman krisis dan membawa Turki masuk sepuluh besar ekonomi dunia pada 2023.

Sayangnya, para analis menilai usaha Erdogan bakal terjal. Terutama terkait dengan ekonomi. Inflasi melambung tinggi. Nilai tukar lira terus tersungkur di hadapan dolar AS. Sepanjang tahun ini, lira melorot 18 persen.

Kedekatan pemimpin 64 tahun itu dengan Rusia membuat negara-negara Barat menjauh. Komentar-komentar pedasnya juga tak disukai para sekutunya.

Sangat mungkin stabilitas ekonomi di negeri yang pernah menjadi pusat khilafah Islam terakhir itu tak akan membaik dalam waktu dekat.

Meski sebelumnya menuding terjadi kecurangan dan manipulasi, kemarin oposisi menerima kekalahannya.

Recep Tayyip Erdogan dipastikan keluar sebagai pemenang pemilu Turki. Dia pun berjanji akan membasmi kelompok-kelompok yang selama ini menentang kekuasaannya

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News