Menangi All England 2018, Tzu Ying Patahkan Rekor 11 Tahun

Menangi All England 2018, Tzu Ying Patahkan Rekor 11 Tahun
Tai Tzu Ying. Foto: AFP

jpnn.com, BIRMINGHAM - Tunggal putri ranking satu dunia Tai Tzu Ying menunjukkan kualitasnya. Pemain asal Taiwan berusia 23 tahun itu menjadi juara All England 2018.

Gelar ini merupakan yang kedua, beruntun, buat putri dari ayah seorang petugas pemadam kebakaran yang juga pengurus badminton di kota kelahirannya, Kaohsiung itu.

Dalam pertandingan di Arena Birmingham, Minggu (18/3) malam WIB, Tzu Ying menang di final idaman, melawan ranking dua dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi. Tzu Ying menang 22-20, 21-13

Tzu Ying butuh waktu 45 menit (statistik BWF) untuk mengoleksi kemenangan ke-6 dari sepuluh pertemuan dengan Yamaguchi.

Duel dua pemain top dunia ini berlangsung ketat, diwarnai reli panjang. Tai Tzu Ying dan Akane Yamaguchi sama-sama jatuh bangun. Di game kedua, sempat terjadi insiden unik. Pada kedudukan 17-10 (Tzu Ying unggul), Yamaguchi minta waktu untuk mendapat perhatian dari tim medis.

Nah, anggota tim medis sempat salah mengira Tzu Ying yang cedera. Padahal Yamaguchi yang butuh perawatan di bagian kaki kanannya. Namun setelah Yamaguchi mendapat perawatan, Tzu Ying juga meminta sedikit semprotan di lutut kanannya.

Usai pertandingan, Tzu Ying mengungkap kebahagiannya. "Saya sangat senang, bahagia menjadi juara lagi di sini. Ini adalah tempat impian pebulu tangkis dunia. Dan saya bangga bisa mengalahkan lawan seperti Yamaguchi," tutur Tzu Ying dalam wawancara on court.

Keberhasilan Tzu Ying menjadi juara back to back atau dua kali berturut-turut ini membuat dia mematahkan rekor yang sudah bertahan sejak 2007. Sejak sebelas tahun yang lalu, baru kali ini nomor tunggal memunculkan juara berturut-turut. Pemain terakhir yang melakukannya adalah pemain Tiongkok Xie Xingfang (2005-2007). (adk/jpnn)


Tai Tzu Ying menjadi juara All England 2018 setelah mengalahkan Akane Yamaguchi dalam pertandingan berdurasi 45 menit.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News