Jumat, 16 November 2018 – 23:06 WIB

Menanti Akademi e-Sport Pertama Indonesia

Minggu, 04 November 2018 – 12:09 WIB
Menanti Akademi e-Sport Pertama Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - Sekretaris Jenderal Ikatan e-Sports Seluruh Indonesia (IeSPA) Prana Adisapoetra mengungkapkan, keberadaan akademi itu menjawab begitu pesatnya industri e-sports di dunia. Agar Indonesia tak tertinggal dalam industri tersebut, harus dilakukan sebuah pembibitan gamer-gamer profesional lewat sebuah akademi.

Akademi e-sports Indonesia ditargetkan mulai dibangun tahun depan. Prana menyatakan, akademi tersebut akan berfungsi sebagai inkubator bagi pemain-pemain game pemula. Diharapkan, mereka siap menjadi pemain profesional dalam event internasional.

''Nanti setelah lulus akademi, mereka bisa direkrut tim-tim besar,'' kata Prana kepada Jawa Pos kemarin, Sabtu (3/11).

Menurut dia, selama ini tim-tim e-sports mencari talenta baru dengan cara masuk ke turnamen-turnamen. Mereka melakukan scouting. Memantau para pemain yang punya potensi dan skill ciamik.

Saat ini kurikulum akademi e-sports tengah disusun dengan melibatkan para ahli, dosen, dan pengembang (developer) game. Pendirian akademi e-sports di Indonesia akan merujuk pada aturan-aturan Internasional E-Sports Federation (IESF).

Menurut Prana, Indonesia belum terlambat membentuk akademi e-sports. Sebab, belum banyak negara yang membuatnya. ''Setahu saya, baru Malaysia dan Singapura yang sudah mulai,'' ungkapnya.

Dia berharap akademi e-sports bisa menjadi tempat regenerasi gamers tanah air. Sebab, menurut dia, dunia e-sports tak ubahnya dunia olahraga pada umumnya.

Para gamer yang memutuskan terjun menjadi atlet suatu saat memasuki masa pensiun. Nah, agar keahlian mereka tetap tersalurkan, mereka bisa dijadikan instruktur, manajer, atau analis strategi di akademi e-sports.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar