Mencegangkan! Ini yang Diketahui Anak Buah OC Kaligis soal Suap Hakim PTUN

Mencegangkan! Ini yang Diketahui Anak Buah OC Kaligis soal Suap Hakim PTUN
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Dua orang anak buah OC Kaligis di firma hukum OC Kaligis and Associates yakni Yurinda Tri Achyuni dan Yenny Oktarina Misnan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk kasus suap di PTUN Medan, Jumat (24/7).

Mereka dimintai keterangan secara maraton selama kurang lebih 13 jam. Lalu informasi apa yang mereka ketahui sehingga KPK merasa perlu menggali keterangan selama setengah hari lebih?

Yenny yang akrab dipanggil Mama Yen itu disebut-sebut sebagai salah satu orang kepercayaan OC Kaligis. Yenny lah yang pertama kali memberi tahu OC mengenai tertangkapnya M Yagari Bhastara alias Gerry dalam operasi tangkap tangan KPK di Medan tanggal 9 Juli lalu.

Ketika mendengar kabar dari Yenny itu, OC langsung memerintahkan agar dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Gerry untuk dihapus. "Itu makanya sekarang dia diperiksa, karena dia disuruh hapus data," kata pengacara Gerry, Haerudin Massaro kepada wartawan di KPK, Jumat (24/7) malam.

Sedangkan Yurinda Tri Achyuni alias Indah adalah sekretaris OC Kaligis. Perempuan muda berwajah cukup ayu ini disebut mengetahui persis kronologis pemberian suap ke tiga hakim dan sekretaris PTUN Medan. Pasalnya, Yurinda lah yang mendampingi OC dan Gerry ke Medan untuk bertemu hakim penerima suap pada tanggal 5 Juli 2015 lalu.

Masih berdasarkan kesaksian Haeruddin, Yurinda dan Gerry lah yang mempersiapkan uang suap sebelum berangkat ke Medan. Mereka menyelipkan uang tersebut ke dalam dua buah buku atas perintah OC Kaligis.

"Sampai pun di sana (Medan) itu buku dipegang sama Indah. Baru dipegang Gerry itu pada saat mau diserahkan ke hakim," tutur Haerudin.

Namun, tambah Haeruddin, ketika penyerahan uang tersebut Yurinda tidak menyaksikan. Dia bersama OC hanya mengantar Gerry sampai ke kantor PTUN Mendan. OC kemudian memerintahkan Gerry sendirian untuk menyerahkan buku berisi uang suap kepada hakim.

JAKARTA - Dua orang anak buah OC Kaligis di firma hukum OC Kaligis and Associates yakni Yurinda Tri Achyuni dan Yenny Oktarina Misnan diperiksa Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News