Mencekam! Ingin Menolong, Tiga Tewas Bergiliran di Dalam Sumur

Mencekam! Ingin Menolong, Tiga Tewas Bergiliran di Dalam Sumur
Para warga dan petugas berusaha mengevakuasi para korban yang tewas di dalam sumur. FOTO: RADAR BROMO

jpnn.com - PASURUAN - Kegiatan bersih-bersih sumur di Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo Wetan, Keca­matan Rembang, Kabupaten Pasuruan mendadak berubah jadi peristiwa mengerikan. Tiga orang meregang nyawa. Dua di antaranya merupakan saudara kandung. Mereka tewas bergantian setelah berusaha menyelamatkan yang lain. Tiga korban tewas itu adalah Didik Isdayanto, 35; Junaidi, 30; dan Sunaiyah, 33.

Junaidi dan Sunaiyah adalah saudara kandung yang tinggal di Dusun Krajan. Sedangkan Didik adalah penggali sumur yang juga tinggal di dusun setempat. Dia masih memiliki hubungan kerabat dengan dua korban lain.

Insiden tersebut bermula saat Didik diminta menggali sumur oleh Suwarno, 40, ipar Junaidi dan Sunaiyah, Senin (30/5). Didik yang memang berprofesi penggali sumur menyanggupi permintaan itu. 

Dia diberi honor Rp 70 ribu kalau pe­kerjaannya sudah selesai. 

Menurut Sufa, istri Suwarno, aktivitas menguras sumur tepat di samping kiri rumahnya itu dilakukan korban sekitar pukul 09.00. Mulanya pompa diesel berkekuatan 2 PK ditempatkan di permukaan tanah. 

Namun, slang penyedot air tak sampai ke permukaan air sumur. Karena tanpa hasil, Didik pun nekat memasukkan pompa diesel itu ke sumur. Dia pun mengikat pompa tersebut dengan tali tambang. Selanjutnya, pompa diesel dimasukkan ke sumur dan dibuat menggantung.

Begitu sampai di permukaan air sumur, Didik pun turun untuk menghidupkan mesin pompa. Dia turun ke dasar sumur tanpa menggunakan tali. "Dia (Didik, Red) sempat turun ke sumur untuk menghidupkan mesin. Setelah mesin menyala, dia naik," jelas Sufa.

Air sumur pun tersedot dari pompa, mengalir ke atas hingga keluar dari slang. Hingga 30 menit kemudian, air yang keluar sudah melimpah ruah. Didik pun merasa cukup dan mematikan mesin pompa. 

PASURUAN - Kegiatan bersih-bersih sumur di Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo Wetan, Keca­matan Rembang, Kabupaten Pasuruan mendadak berubah jadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News