Mencekam, Video Detik-detik Longsoran di Gunung Rinjani

Mencekam, Video Detik-detik Longsoran di Gunung Rinjani
Saat terjadi longsor di jalur pendakian Gunung Rinjani, Minggu (29/7). (Foto: Istimewa for JPNN)

jpnn.com, LOMBOK - Gempa susulan terus berlanjut pascagempa berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa pada Minggu (29/7) pukul 05.47 WIB.

Akibat gempa, dilaporkan telah terjadi longsor di atas pegunungan kawasan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR).

Dari video sejumlah pendaki terpantau material debu tanah dari arah Pelawangan akibat longsor di jalur pendakian Sangkareang yang mengarah ke utara. Saat ini, jalur pendakian ke Gunung Rinjani sudah ditutup.

Sejumlah pendaki yang ada di atas pegunungan memang disarankan untuk mengamankan diri dan tidak bergerak karena petugas lapangan masih memantau dampak gempa-gempa susulan. Sebab itu berpotensi menimbulkan longsoran yang membahayakan.

Menurut informasi petugas ada 18 warga Malaysia di Gunung Rinjani dan sudah diketahui keberadaannya. Sebanyak 6 orang dikabarkan luka cukup parah dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara itu, total ada sebanyak 826 wisatawan domestik dan mancanegara termasuk pemandu wisata gunung menunggu arahan evakuasi dari Sembalun BTNGR oleh petugas lapangan. (mg8/jpnn)

Berikut video amatir saat terjadi longsor di jalur pendakian Gunung Rinjani


Gempa susulan terus berlanjut pascagempa berkekuatan 6,4 SR di di sejumlah wilayah NTB, Minggu (29/7), ini mengakibatkan longsoran di kawasan Gunung Rinjani.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News