Mendadak Air Laut di Perairan Padang Berubah jadi Hijau

Mendadak Air Laut di Perairan Padang Berubah jadi Hijau
Air laut di perairan di Padang, yang biasanya berwarna biru terlihat berwarna hijau layaknya air di kolam air tawar. ANTARA/Fathul Abdi

jpnn.com, PADANG - Fenomena air laut yang berubah warna hijau di perairan Padang Sumatra Barat beberapa hari ini mengundang perhatian para akademisi.

Dr Harfiandri Damanhuri menduga perubahan warna air laut yang biasanya biru menjadi hijau itu karena faktor perubahan iklim.

"Perubahan iklim dan suhu yang tidak menentu memengaruhi arus laut sehingga pergerakan masa air tidak lagi normal, lalu terjadi Blooming Alga," kata pria yang merupakan Dosen FPIK dan Pasca Sarjana (SP2K) Universitas Bung Hatta itu, Senin (23/12).

Blooming alga merupakan suatu peristiwa di mana jumlah alga yang berada di perairan membeludak jumlahnya, dalam peristiwa di Padang yang berwarna hijau berarti alga hijau. Karena masing-masing alga mempunyai warna bawaannya sendiri.

Alga adalah hewan mikroskopik yang menyerupai tumbuhan dan merupakan organisme yang umumnya terdapat di perairan disinari cahaya matahari.

Perubahan iklim dan suhu yang tidak menentu ditenggarai memengaruhi pergerakan masa air, dan alga hijau bermunculan di permukaan laut Padang yang memiliki karakter tropis.

"Sebenarnya alga atau fitoplankton yang bersiklus mati-hidup adalah siklus yang biasa dan sering terjadi di laut tropis," katanya.

Namun, lanjutnya, karena perubahan iklim, intensitas cahaya yang tidak normal di permukaan, dan perubahan suhu mengakibatkan terjadinya blooming.

Dinas Lingkungan Hidup Sumbar telah menurunkan tim untuk mengambil sampel atas peristiwa air laut hijau di perairan Padang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News