Siapkan Teropong Buat Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember

Siapkan Teropong Buat Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember
Gerhana Matahari Cincin Api. Foto: Reuters/Kim-Kyung Hun/ANTARA

jpnn.com, BATAM - Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam menyiapkan teropong yang terhubung dengan layar besar untuk mengamati gerhana matahari cincin yang diprediksi terjadi di Dataran Engku Putri Batam, 26 Desember 2019.

"Dapat kami informasikan pada tanggal 26 Desember 2019 kami akan mengadakan pengamatan di Lapangan Engku Putri dengan menggunakan teropong yang dikoneksikan ke layar lebar," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam, Suratman di Batam Kepulauan Riau, Senin.

Dengan layar itu, maka diharapkan masyarakat bisa mengikuti fenomena alam langka itu dengan aman.

Gerhana matahari cincin pada tahun ini akan melintasi tujuh provinsi di Indonesia yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kepulauan Riau.

Di Kepulauan Riau, fenomena alam itu bisa disaksikan di Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Tanjung Pinang.

Sementara itu Polda Kepri mengimbau masyarakat untuk mengutamakan keselamatan saat terjadi gerhana matahari cincin dengan tidak melihat matahari secara langsung.

Bila melihat fenomena alam itu dengan mata telanjang, maka berpotensi akan merusak mata.

Warga Melayu Kota Batam Kepulauan Riau biasa melakukan doa tolak bala setiap terjadi gerhana matahari, untuk mendoakan agar daerah itu terhindar dari malapetaka.

Bila melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin itu dengan mata telanjang, maka berpotensi akan merusak mata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News