Mendadak, Joe Biden dan Pemimpin Negara Eropa Gelar Pertemuan Sendiri, Jokowi Akhirnya Menunggu

Mendadak, Joe Biden dan Pemimpin Negara Eropa Gelar Pertemuan Sendiri, Jokowi Akhirnya Menunggu
Tangkapan layar Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah selama konferensi pers secara daring pada Kamis (22/9/2022). (ANTARA/Yashinta Difa)

jpnn.com, BALI - Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengadakan pertemuan mendadak di sela-sela kegiatan G20.

Peristiwa itu terpotret dalam foto yang dirilis Reuters pada Rabu (16/11) pagi

Mereka duduk bersama di satu meja dalam pertemuan darurat tersebut.

Negara anggota G7 melakukan pertemuan darurat di sela-sela KTT G20 di Bali, menyusul insiden jatuhnya rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina.

Pertemuan tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah. Dia menyebut pertemuan darurat seperti itu biasa terjadi dalam konferensi internasional, termasuk dalam hal ini KTT G20 yang diselenggarakan di bawah presidensi Indonesia.

“Kami mengikuti adanya emergency meeting yang dilakukan G7+, itu bagian dari dinamika yang biasa terjadi pada suatu konferensi internasional,” kata Faizasyah ketika ditemui di sela-sela KTT G20.

Faizasyah menegaskan pertemuan darurat negara-negara G7 tidak akan mengganggu agenda hari kedua KTT G20, meskipun perlu dilakukan penyesuaian pengaturan waktu.

Pertemuan yang juga dihadiri dua pemimpin negara lain, yaitu Spanyol dan Belanda, dilakukan sebelum para kepala negara G20 dijadwalkan melakukan penanaman bakau di Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai, Bali.

Agenda penanaman bakau oleh pemimpin negara yang semula dijadwalkan pukul 09.00 WITA mundur dan terpantau hingga menjelang pukul 10.00 WITA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News