Setelah Bertemu Xi Jinping di Bali, Joe Biden Langsung Kirim Anak Buahnya ke China

Setelah Bertemu Xi Jinping di Bali, Joe Biden Langsung Kirim Anak Buahnya ke China
Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi keterangan kepada jurnalis asing dan Indonesia pada sela-sela kegiatannya menghadiri rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (14/11/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan menteri luar negerinya, Antony Blinken untuk berkunjung ke China.

Hal itu dia sampaikan setelah menggelar pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Bali, Senin (14/11).

Biden untuk pertama kalinya setelah dia menjabat sebagai Presiden AS bertemu dengan Xi di Nusa Dua, Bali, Senin, sehari sebelum keduanya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.

“Saya memerintahkan Menteri Blinken untuk berkunjung ke China menindaklanjuti diskusi kami (Biden dan Xi, red.) dan menjaga komunikasi antara dua negara tetap terbuka,” kata Biden beberapa jam setelah dia bertemu dengan Xi di Bali.

Di hadapan jurnalis asing dan Indonesia, Biden menyampaikan dia dan Xi menyampaikan secara terus terang niatan dan prioritas masing-masing negara.

“Saya tegas menyampaikan akan terus membela kepentingan dan nilai-nilai Amerika Serikat. Kami akan berkompetisi dengan sengit, tetapi kami tidak ingin ada konflik. Saya ingin kompetisi ini dikelola secara bertanggung jawab, dan saya ingin memastikan tiap negara mematuhi aturan yang disepakati komunitas internasional,” kata Biden.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih dari tiga jam di Mulia Resort Nusa Dua, Bali itu, Biden menyampaikan AS terus menentang berbagai aksi sepihak yang dilakukan di Selat Taiwan.

“Saya menyampaikan dengan jelas kami ingin situasi di sana diselesaikan dengan damai. Jadi, tidak pernah ada (indikasi invasi China ke Taiwan, red.). Dan saya yakin dia memahami apa yang saya sampaikan, dan saya memahami apa yang dia sampaikan,” kata Biden menjawab pertanyaan jurnalis.

Presiden AS Joe Biden mengirim salah satu anak buahnya ke China. Hal itu dia lakukan setelah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Nusa Dua, Bali.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News