Mendag Luncurkan Migor Kemasan Sederhana

Mendag Luncurkan Migor Kemasan Sederhana
MINYAKITA- Produsen minyak goreng Sinar Mas Grup bersama sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa sawit Indonesia (GAPKI) dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu (tengah) meluncurkan minyak goreng bersubsidi dengan merk Minyakita. Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
 JAKARTA – Departemen Perdagangan berharap konversi minyak goreng curah menjadi Minyakita (minyak goreng kemasan sederhana) dapat mencapai komposisi 11-14 persen tahun depan. Oleh sebab itu, Depdag menilai dana subsidi migor yang sebesar Rp 800 miliar masih kurang.

“Dengan target penyaluran sebanyak 4.500 ton per bulan selama 10 bulan pertama, Minyakita hanya bisa mengambil komposisi 3-5 persen dari total minyak goreng curah yang beredar,” ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dalam peluncuran Minyakita kemarin.

  

Pihaknya berharap komposisi migor curah dapat digeser menjadi Minyakita secara bertahap. Dengan begitu hygienitas migor yang dikonsumsi masyarakat dan pengontrolan harganya dapat terjaga.

    

Saat ini komposisi konsumsi minyak goring dalam negeri masih didominasi migor curah (70 persen) dan migor kemasan premium (30 persen). Pemerintah telah mengalokasikan Rp 800 miliar untuk keperluan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) Minyakita dan minyak curah. “Dana ini diberikan kepada produsen minyak goreng yang ikut berpartisipasi dalam program Minyakita melalui fasilitas PPN-DTP,” terangnya.

   

 JAKARTA – Departemen Perdagangan berharap konversi minyak goreng curah menjadi Minyakita (minyak goreng kemasan sederhana) dapat mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News