Mendag Lutfi: Indonesia Capai Kesepakatan Dagang Rp20 Triliun dengan Tiongkok

Mendag Lutfi: Indonesia Capai Kesepakatan Dagang Rp20 Triliun dengan Tiongkok
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kanan paling belakang) menjalin kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok senilai USD1,38 miliar atau Rp20,04 triliun. Foto dok Kemendag

jpnn.com, TIONGKOK - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan Indonesia berhasil mencapai kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok senilai USD1,38 miliar atau Rp20,04 triliun.

Kesepakatan tersebut merupakan hasil kunjungan kerja ke Tiongkok pada 1-3 April 2021, bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Kesepakatan dagang berasal dari komitmen enam perusahaan Tiongkok yang akan mengimpor produk sarang burung walet, buah tropis, khususnya nanas, porang, gula aren dan furnitur,” ujar Mendag Lutfi dalam konferens pers bersama yang digelar secara daring, Jumat (2/4).

Untuk produk furnitur, Shandong Jinruyi Group mengungkapkan minatnya melakukan investasi di Indonesia yang diperkirakan bisa menyerap hingga 3.000 tenaga kerja.

Sejumlah pertemuan diagendakan dalam kunjungan kerja para Menteri tersebut, di antaranya pertemuan dengan pejabat pemerintah Provinsi Fujian, Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok Zhang Ziangchen, serta state councillor/Menteri Luar Negeri RRT, Wang Yi.

Mendag Lutfi juga bertemu dengan Chairman China Agricultural Wholesale Market Association (CAWA) Ma Zengjun dan Chairman Shandong Timber and Wood Association Yang Yuelu.

Serta para pelaku usaha Tiongkok yang fokus pada perdagangan produk pertanian, perikanan, dan furnitur.

Mendag Lutfi juga menargetkan peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok dalam tiga tahun ke depan.

Mendag Lutfi juga menargetkan peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok dalam tiga tahun ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News