Mendag Lutfi Pergi ke Rusia, Ada Apa?

Mendag Lutfi Pergi ke Rusia, Ada Apa?
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memperkuat kerja sama dengan negara tujuan ekspor nontradisional. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memperkuat kerja sama dengan negara tujuan ekspor nontradisional.

Bertolak ke Rusia kemarin (1/6) Lutfi melakukan kunjungan kerja yang berlangsung pada 3-5 Juni 2021.

Kunjungan itu untuk memperkuat mandat Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dengan berbagai negara di dunia.

Dia dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral, serta memperkuat kerja sama perdagangan dengan negara-negara yang tergabung dalam Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union/EAEU).

Negara-negara EAEU adalah Rusia, Armenia, Belarus, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan.

"Indonesia ingin memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama khususnya dengan Rusia, termasuk juga negara-negara lain yang tergabung dalam EAEU. Kerja sama ini diharapkan membuka peluang peningkatan ekspor Indonesia dan investasi Rusia di Indonesia," kata Mendag.

Sejumlah pertemuan bilateral yang dijadwalkan selama kunjungan kerja, antara lain dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Rusia, Denis Manturov; Menteri yang Bertanggung Jawab atas Integrasi dan Makroekonomi Komisi Ekonomi Eurasia, Sergei Glazyef; serta Menteri yang Bertanggung Jawab atas Perdagangan Komisi Ekonomi Eurasia, Andrey Slepnev.

Mendag menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19 dan proteksionisme perdagangan, kemitraan dengan negara-negara lain perlu terus dijalin dan dikembangkan.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memperkuat kerja sama dengan negara tujuan ekspor nontradisional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News