Mendag Zulkifli Hasan Sebut Pelaku Usaha Indonesia-Arab Saudi Harus Bertemu, Ini Tujuannya

Mendag Zulkifli Hasan Sebut Pelaku Usaha Indonesia-Arab Saudi Harus Bertemu, Ini Tujuannya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, kerja sama perdagangan Indonesia dan Arab Saudi harus terus ditingkatkan. Foto: Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, kerja sama perdagangan Indonesia dan Arab Saudi harus terus ditingkatkan.

Salah satu strateginya ialah melakukan pertemuan antara para pelaku usaha besar dari kedua negara tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Mendag Zulkifli Hasan saat membuka Indonesia-Saudi Arabia Business Forum & Networking bertema "Reinforcing Bilateral Cooperation Through Trade and Investment" di Jakarta, pada Selasa (30/5).

Turut hadir pada acara ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah Eko Hartono, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.

"Diharapkan acara ini memecahkan kebuntuan dan menyelesaikan hambatan psikologis pelaku usaha kedua negara serta menjadi awal kerja sama berikutnya. Dengan pertemuan ini, para pelaku usaha bisa saling mengenal dan bertukar rasa," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Dia mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi memiliki potensi kerja sama yang besar. Kedua negara merupakan pemimpin di kawasan masing-masing serta sedang giat membangun di berbagai sektor.

Namun, bisnis yang berkembang di antarkedua negara saat ini baru mencakup lingkup usaha kecil dan menengah (UKM), umroh dan haji, serta tenaga kerja.

"Setelah sukses sebagai Ketua G20 Tahun 2022, Indonesia saat ini merupakan Ketua ASEAN. Indonesia memiliki jumlah penduduk hampir mencapai 280 juta jiwa, sedangkan jumlah penduduk di ASEAN hampir mencapai 600 juta jiwa. Sementara itu, Arab Saudi merupakan negara besar pemimpin negara-negara di Kawasan Teluk dengan jumlah penduduk hampir 400 juta jiwa. Jadi, kedua negara memiliki potensi ekonomi yang sangat besar," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, kerja sama perdagangan Indonesia dan Arab Saudi harus terus ditingkatkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News