Mendagri Ingatkan Pemda Fasilitasi Masyarakat Bangun Tempat Ibadah

Mendagri Ingatkan Pemda Fasilitasi Masyarakat Bangun Tempat Ibadah
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bergerak cepat mencegah agar kerusuhan yang terjadi di Aceh Singkil, Selasa (13/10) tidak meluas di seluruh Indonesia.

"Saya meminta Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum serta Direktur Jenderal Otonomi Daerah membagi tim untuk keliling provinsi se-Indonesia," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (14/10).

Menurut Tjahjo, tim nantinya diminta mengumpulkan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Pertemuan ini sebagai ajang memberi penjelasan  terkait sejumlah peraturan daerah terkait pembagunan rumah ibadah.

"Harus ‎konsisten dan tegas terhadap aturan-aturan dan proses perijinan yang dikeluarkan. Prinsipnya pemda memfasilitasi masyarakatnya dapat tenang membangun tempat ibadah bagi masyarakat pemeluk agama dan keyakinannya, dapat tenang beribadah," ujar Tjahjo.

Selain itu, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengaku telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menindak tegas terkait kerusuhan-kerusuhan yang mengganggu kekhusukan ibadah bagi setiap warga negara.

"‎Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang merasa terganggu dalam menjalankan dan pembangunan tempat ibadahnya," kata Tjahjo. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bergerak cepat mencegah agar kerusuhan yang terjadi di Aceh Singkil, Selasa (13/10) tidak meluas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News