Mendagri Pastikan Desain Besar Penataan Daerah Disusun Hati-hati

Mendagri Pastikan Desain Besar Penataan Daerah Disusun Hati-hati
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah sangat berhati-hati menyusun desain besar penataan daerah. Hal ini penting agar tidak menimbulkan masalah baru pada daerah yang dimekarkan.

"Pemerintah masih menyusun desain besar penataan daerah dan sedang menyiakan RPP (rancangan peraturan pemerintah) soal penataan daerah," kata Tjahjo Kumolo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR beberapa hari lalu.

Menurut Tjahjo, suatu daerah dapat dimekarkan jika telah memenuhi semua persyaratan umum dan tidak ada lagi konflik dengan daerah induk maupun antarkelompok masyarakat.

Realitasnya, kata dia, banyak daerah yang mengusulkan untuk dimekarkan dan bahkan daerah yang telah dimekarkan, tapi perbatasannya belum selesai. "Banyak daerah yang masih menghadapi persoalan perbatasan," katanya.

Tjahjo mencontohkan, perbatasan antara Kabupaten Agam dan Kabupaten Bukittinggi di Sumatera Barat, sudah 10 tahun bermasalah, belum juga selesai.

Batas antarkabupaten di daerah lain juga banyak yang belum selesai, seperti di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan sebagainya.

"Kami harapkan daerah dapat segera menyelesaikan batas daerahnya," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Tjahjo mengimbau agar DPR RI secara prinsip mengerti tujuan pembentukan daerah otonom baru (DOB).

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah sangat berhati-hati menyusun desain besar penataan daerah. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News