Mendagri Pastikan e-KTP Baru Berkualitas Bagus

Mendagri Pastikan e-KTP Baru Berkualitas Bagus
Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan bahan pembuatan e-KTP yang baru lebih baik dari tender yang bermasalah hukum di Komisi Pemmberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, kata Tjahjo, Presiden Joko Widodo sempat marah begitu mengetahui ada mark-up besar-besaran di tender sebelumnya.

Harga Rp 4.700 per lembar dimark-up jadi Rp 16 ribu. Karena itu, pihaknya sangat berhati-hati dalam melaksanakan tender di era kepemimpinannya.

"Makanya tendernya kami buat, yang penting itu lebih baguslah, sehingga jangan sampai ada yang chipnya nanti di akses ke semua pihak enggak connecting," kata Tjahjo di kompleks Istana Negara, Rabu (15/3).

Apalagi, kata mantan Sekjen DPP PDIP ini, data e-KTP sudah banyak diakses perbankan, sekuritas, bank daerah, hingga asuransi.

"Kan hampir semua perbankan sudah muncul. Sudah cukup buanyak lho yang mengaksesnya," tukas dia.

Tjahjo berharap pembuatan e-KTP bisa tuntas sesuai target pada tahun ini. Sehingga, data tunggal tersebut bisa digunakan unntuk kepentingan pemilu maupun pilkada.

"Kalau DPR dan KPU sepakat untuk tahun 2019 e-voting termasuk pilkada 2018 bertahap mau e-voting, oke," tandasnya.(fat/jpnn)


Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan bahan pembuatan e-KTP yang baru lebih baik dari tender yang bermasalah hukum di Komisi Pemmberantasan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News