Mendagri: Pastikan Pelaku Usaha Tak Permainkan Harga

Mendagri: Pastikan Pelaku Usaha Tak Permainkan Harga
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh kepala daerah benar-benar memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok selama Ramadan hingga lebaran mendatang. 

"Saya minta seluruh kepala daerah memastikan pelaku usaha tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi dengan melakukan pengawasan secara terpadu bersama-sama dengan aparat keamanan," ujar Tjahjo, Senin (6/6).

Selain itu, Mendagri juga meminta para kepala daerah memantau perkembangan harga harian secara intensif. Sehingga, ketika terjadi kenaikan harga di luar kewajaran dapat mengambil langkah-langkah koordinatif untuk menstabilkannya.

"Pantau juga stok kebutuhan pokok yang dimiliki pedagang, guna mengetahui perkiraan kebutuhan stok harian barang kebutuhan pokok di pasar. Kemudian keamanan produk pangan yang beredar dan memastikan kesiapan moda transportasi angkutan barang," ujar Tjahjo.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengimbau para kepala daerah menyediakan informasi terkait produksi, ketersediaan serta harga komoditas bahan pangan pokok yang kredibel, terkini dan mudah diakses oleh masyarakat. Ini untuk meredam aksi spekulan yang dapat memicu terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga," ujarnya.

"Saya mengimbau masyarakat lebih bijaksana dalam pola konsumsi dan tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh kepala daerah benar-benar memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News