Mendagri Pastikan Pemilu Serentak Bakal Dievaluasi

Mendagri Pastikan Pemilu Serentak Bakal Dievaluasi
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa evaluasi pelaksanaan Pemilu baru akan dibahas setelah Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengumumkan hasil penghitungan pada 22 Mei mendatang.

Evaluasi tersebut kemungkinan akan dibahas bersama DPR pada awal pemerintahan baru nanti. Menjelang itu, KPU sudah harus menyiapkan evaluasinya tahapan pelaksanaan, dan Kemendagri yang berkaitan dengan keserentakan Pemilu.

"Kemendagri sudah membuat evaluasi yang menyangkut keputusan MK, keserentakan itu apakah harus hari tanggal jam bulan yang sama," ucap Tjahjo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/4).

Selain itu, hal lain yang juga akan menjadi bahan evalusasi adalah rentang masa kampanye. Mengacu pengalaman Pemilu Serentak 2019 ini, waktunya sekitar 7 bulan.

"Mengenai massa kampanye apakah harus sekian bulan. Itu aja. Saya kira yang penting bagaimana membangun sebuah sistem pemilu yang demokratis, lebih efektif, lebih efisien," jelasnya.

Untuk diketahui, mengacu tahapan kampanye pemi;u legislatif dan capres - cawapres 2019, masa kampanye berlangsung antara 23 September 2018 sampai 13 April 2019.(fat/jpnn)


Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa evaluasi pelaksanaan Pemilu baru akan dibahas setelah Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengumumkan hasil penghitungan pada 22 Mei mendatang.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News