Mendagri Resmi Gugat KPU dan KIP Aceh

Mendagri Resmi Gugat KPU dan KIP Aceh
Mendagri Resmi Gugat KPU dan KIP Aceh
JAKARTA-Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN) yang diajukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Dalam sidang berisi agenda perbaikan permohonan ini, pihak Kemendagri selaku pemohon hanya diwakili Direktur Litigasi Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi. Sementara, Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Djoehermansyah Johan, yang semula menjadi pemohon dalam sengketa itu tidak hadir.

’’Maaf yang mulia, pihak Kemendagri menganggap perbaikan permohonan itu bukan sidang. Ada salah informasi, dianggapnya hanya menyerahkan berkas ke panitera. Maaf baru kali ini jadi pemohon,’’ ujar Mualimin di ruang Sidang Pleno MK, kemarin (16/1).

Sidang SKLN itu merupakan lanjutan dari sidang gugatan Kemendagri sebelumnya, pada Jumat (13/1) lalu. Kemendagri melalui Dirjen Otda menggugat  KIP Aceh karena dinilai telah menjalankan tahapan Pemilukada Aceh tanpa berdasarkan peraturan daerah khusus Aceh (Qanun).

JAKARTA-Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN) yang diajukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News