Mendagri Terus Awasi dan Bina Pemerintahan di Daerah

Mendagri Terus Awasi dan Bina Pemerintahan di Daerah
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - PALU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ,Tjahjo Kumolo menyatakan akan terus menjalankan peran sebagai  pengawas dan pembina penyelenggaraan pemerintahan di daerah.  Langkah yang dilakukan antara lain menyempurnakan segala bentuk regulasi terkait dengan pengelolaan keuangan daerah.

Hal ini seperti tertuang dalam UU No.23 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah (Pemda) yakni Mendagri melakukan pembinaan dan pengawasan umum penyelenggaraan Pemda secara nasional demi keberlangsungan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pembangunan nasional ini merupakan komitmen bersama, membangun tata kelola hubungan pemerintah pusat dengan daerah yang efektif, efisien, bersih,dan berwibawa, dimana peran kepala daerah mampu mengelola berbagai isu strategis,” ujar Tjahjo pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (27/3).

Ia menambahkan, isu strategis terutama di wilayah Sulawesi terkait dengan masalah energi, konektivitas wilayah,pembangunan infrastruktur yang terpadu, serta penguatan regulasi guna meningkatkan iklim  investasi dan usaha.

Tjahjo juga mengingatkan pentingnya pemetaan di setiap daerah karena berkaitan juga dengan arahan Presiden Joko Widodo mengenai deregulasi dan percepatan pembangunan infrastruktur di daerah.

“Pemetaan daerah sangat penting guna memperoleh  gambaran yang utuh dari kondisi pemerintahan yangg ada saat ini, sehingga tercipta  pembangunan yang paling efektif dan efisien dan hormonisasi sekaligus sinkronisasi dengan target pembangunan nasional,” kata Tjahjo. (adv)


PALU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ,Tjahjo Kumolo menyatakan akan terus menjalankan peran sebagai  pengawas dan pembina penyelenggaraan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News