Mendagri Tito Ingatkan Pemda Jaga Inflasi di Tengah Instabilitas Global

Mendagri Tito Ingatkan Pemda Jaga Inflasi di Tengah Instabilitas Global
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan seluruh pemda terus menjaga inflasi di tengah kondisi global yang tidak stabil. Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan seluruh pemerintah daerah (Pemda) dan stakeholder terkait untuk terus menjaga inflasi di tengah kondisi global yang tidak stabil.

Menurutnya, instabilitas global dapat berdampak kepada perekonomian negara.

Hal ini disampaikan Mendagri Tito pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (22/4).

“Kami tahu perang Rusia-Ukraina masih berlangsung dan itu dampaknya Rusia itu energinya ke Eropa, sehingga yang terpukul inflasi karena energi itu lebih banyak negara-negara Eropa yang mengimpor dari Rusia,” ujar Mendagri.

Adapun untuk Indonesia dampaknya lebih kepada persoalan pangan, terutama terkait pasokan gandum.

Pasalnya, sebagai salah satu negara produsen gandum terbesar di dunia, Ukraina merupakan pemasok terbesar bagi Indonesia.

Dengan demikian, perang kedua negara itu berdampak terhadap harga gandum dan produk olahannya.

Selain itu, mantan Kapolri itu mengkhawatirkan ketegangan antara Israel dan Iran di kawasan Timur Tengah akan berpengaruh terhadap situasi dalam negeri.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan seluruh pemda terus menjaga inflasi di tengah kondisi global yang tidak stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News