Mendesak, Pembentukan BNPB di Daerah

Mendesak, Pembentukan BNPB di Daerah
Mendesak, Pembentukan BNPB di Daerah
JAKARTA - Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, mengharuskan pemerintah daerah untuk membentuk BNPBD (Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah). Oleh karena itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diminta untuk secepatnya melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"BNPB harus bergerak cepat. Dengan adanya BNPBD, penanggulangan bencana di daerah akan lebih cepat. Utamakan dulu di daerah yang rawan bencana," ujar Jazuli Juwaini, personil Komisi VIII DPR, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Sestama BNPB Fatchul Hadi, Selasa (1/2).

Senada dengan itu, Dewi Coryati ikut mengkritisi kurang proaktifnya BNPB dalam pembentukan BNPBD. "Untung saja di Bengkulu sudah ada BNPBD-nya. Kalau tidak, kan sangat ironis," ujar personil Komisi VIII ini.

Soal relawan juga disorot Dewi. Menurutnya, banyak relawan yang bukannya membantu, tapi malah menyusahkan karena tidak dibekali dengan keahlian. Lucunya lagi katanya, ada di daerah bencana yang relawannya lebih banyak ketimbang korbannya. "Ini harusnya dikoordinasikan (oleh) BNPB. Jangan hanya urus uang saja," kritiknya.

JAKARTA - Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, mengharuskan pemerintah daerah untuk membentuk BNPBD (Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News