Mendikbud Nadiem Makarim Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan

Mendikbud Nadiem Makarim Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah perjuangan melawan pandemi COVID-19, peran guru bertambah penting untuk berkontribusi dalam menyediakan pembelajaran jarak jauh, memerhatikan dan mendukung kelompok rentan.

Di samping pembukaan kembali sekolah, dan memastikan evaluasi hasil pembelajaran peserta didik yang efektif.

Tantangan lain di tengah proses pembelajaran yang berlangsung dalam jaringan (daring) untuk profesi guru dan tenaga kependidikan yaitu perkembangan teknologi.

“Nilai utama dari proses pembelajaran adalah interaksi sosial dan ini tidak dapat digantikan oleh teknologi apa pun. Namun, perlu disadari bahwa teknologi telah mengubah cara hidup semua. Mari manfaatkan teknologi, maksimalkan kemampuan mengajar,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim saat membuka Peringatan Hari Guru Sedunia (World Teachers Day), yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Kamis (8/10).

Kepemimpinan para guru di masa sulit ini terkait dengan kesanggupan para guru untuk tetap menyiapkan masa depan bagi murid-muridnya meski di tengah keterbatasan.

Bahkan untuk murid-murid yang termasuk pada kelompok rentan.

"Upaya tersebut patut mendapat penghargaan yang setinggi-tingginya,” imbuhnya.

Para guru lanjut Mendikbud Nadiem, tidak hanya bertugas untuk memastikan kelangsungan pembelajaran, tetapi juga berperan mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan murid mereka.

Mendikbud Nadiem Makarim fokus pada peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme guru serta rekrutmen guru ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News