Mendikbud: Semua Sekolah Harus Jadi Favorit

Mendikbud: Semua Sekolah Harus Jadi Favorit
Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, BOGOR - Seluruh SMAN dan SMKN dilarang keras melanggar kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2017. Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan, semua harus sesuai kuota.

Selain itu jadikan semua sekolah sebagai favorit. "Sistem zonasi ini bertujuan memeratakan pendidikan. Dalam artian, tidak ada lagi sekolah unggulan dan sekolah tertinggal," ujarnya saat berkunjung ke SMKN 1 Leuwiliang Bogor, Rabu (12/7).

Selain itu, zonasi juga memudahkan siswa-siswi untuk mendapatkan sekolah serta tidak perlu mengeluarkan uang transport yang besar. Begitu pula tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa.

”Banyaknya jumlah guru honorer maupun guru tidak tetap (GTT) di sekolah disebabkan SMAN/SMKN menerima jumlah siswa yang berlebihan. Sekolah menerima siswa-siswi tanpa memertimbangkan rasio pendidiknya. Cara yang ditempuh sekolah untuk memenuhi rasio yaitu dengan merekrut GTT seenaknya,” beber guru besar Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Dia menekankan, SMAN dan SMKN harus menerima siswa-siswi sesuai rasio guru yang ada. Yaitu, setiap guru bisa menampung maksimal 36 siswa. Ini agar ada pemerataan dalam penerimaan peserta didik baru, baik di sekolah negeri maupun swasta. ”SMA/SMK atau MA swasta yang ada tetap bisa menampung peserta didik baru,” ucapnya.

Dia juga meminta sekolah swasta melakukan evaluasi atas minimnya peminat. Bisa jadi, mutu dan kualitas pendidikan yang diberikan masih kurang.

”Ya sewajarnya sekolah swasta juga harus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya dan bisa bersaing dengan sekolah negeri,” pungkasnya. (esy/jpnn)


Seluruh SMAN dan SMKN dilarang keras melanggar kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2017. Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan, semua


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News