Mendikbud Terpesona dengan Museum Nyoman Gunarsa

Mendikbud Terpesona dengan Museum Nyoman Gunarsa
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengunjungi Nyoman Gunarsa di kediamannya di Dusun Banda, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

 

Saat Anies tiba di rumah yang juga bagian dari Museum Nyoman Gunarsa, Nyoman Gunarsa tengah beraktivitas seperti biasa, meski sebelumnya Maestro kenamaan ini dikabarkan terkena stroke dan sempat dirawat di rumah sakit.
 
“Saya datang ingin mengunjungi Pak Nyoman Gunarsa, memberikan apresiasi, sekaligus datang karena mendengar beliau sakit. Alhamdulillah kondisinya sudah lebih baik. Dalam kondisi sakit pascastroke, Pak Nyoman terus berkarya. Tidak berhenti dan karyanya terus memesona. Ini adalah sebuah keteladanan tentang karakter seorang maestro pejuang, karakter seorang yang tangguh,” kata Anies dalam siaran pers yang diterima JPNN.

Nyoman Gunarsa menyambut Mendikbud Anies Baswedan dengan hangat, dan menunjukkan berbagai buku karyanya seperti tentang karya seni klasik dan modern.

Ada sekitar 250 lukisan yang tersimpan dan dibuat dalam jangka waktu lebih kurang 20 tahun lalu. Nyoman Gunarsa mengumpulkan karya-karya itu selama puluhan tahun. Selain itu, terdapat juga patung-patung tradisional Bali, berbagai wayang dan keris peninggalan zaman Kerajaan Gelgel.

Nyoman Gunarsa membangun museum ini mulai tahun 1990. Museum Nyoman Gunarsa memiliki tiga lantai, dua lantai untuk menyimpan berbagai koleksi kesenian lukisan, patung, maupun barang antik khas Bali. Satu lantai lagi diperuntukkan bagi seniman lokal juga mancanegara yang mengadakan pameran lukisan.

"Museum Nyoman Gunarsa adalah satu tempat yang luar biasa, di mana berderet karya seni klasik budaya Bali. Ini bukan sekadar warisan budaya masyarakat Bali, ini bukan sekadar budaya milik masyarakat Indonesia, tapi ini warisan budaya milik dunia. Kekayaan seni yang luar biasa,” pungkasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengunjungi Nyoman Gunarsa di kediamannya di Dusun Banda, Kecamatan Bajarangkan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News