Mendominasi Pasar Perdana dan Sekunder, BRI Borong 3 Penghargaan dari Kemenkeu

Mendominasi Pasar Perdana dan Sekunder, BRI Borong 3 Penghargaan dari Kemenkeu
Bank BRI. Foto dok Humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu).

Tak tanggung-tanggung, tiga penghargaan sekaligus diborong oleh BRI, yakni sebagai peringkat pertama Dealer Utama dalam pasar perdana, peringkat pertama sebagai dealer utama dalam pasar sekunder, serta penghargaan sebagai dealer utama dengan kinerja terbaik selama 2019.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan ini. Penghargaan ini merupakan motivasi kami, sebagai primary dealer untuk tetap menghasilkan kinerja yang positif,” ujar Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti.

Primary Dealer atau dealer utama adalah bank yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan untuk menjalankan kewajiban tertentu, baik di pasar perdana maupun pasar sekunder SUN, baik dalam mata uang rupiah maupun dalam valuta asing dengan hak tertentu.

Fungsi terpenting dari primary dealer adalah menjadi penggerak pasar atau market makers di pasar sekunder.

Dealer Utama ini mempunyai berbagai hak antara lain: akses eksklusif sebagai peserta lelang di pasar perdana dan sekunder, hak eksklusif untuk mendapatkan informasi pertama tentang program pengelolaan SUN oleh pemerintah.

Dealer juga berkewajiban untuk menyerap SUN di pasar perdana dalam jumlah tertentu, memperdagangkan seri SUN yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai benchmark, serta membuat kuotasi harga dua arah atau bid-offer dengan kisaran spread tertentu.

Sebagai Dealer Utama, BRI ikut serta dalam kegiatan pendalaman pasar keuangan dengan melakukan pengelolaan portofolio yang optimal dan perluasan basis nasabah antara lain bank komersial, perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan sekuritas, dan aset manajemen.

Kinerja Bank Rakyat Indonesia (BRI) di pasar perdana dan pasar sekunder obligasi pemerintah terus mendapatkan apresiasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News