Menelisik Calon Pengganti SMI

Menelisik Calon Pengganti SMI
SRI MULYANI: Tak ingin meninggalkan Tanggung Jawab. Selama bertugas di Lembaga Internasional, Sri Mulyani Berjanji tetap akan berjuang memajukan Indonesia. FOTO : Radar Semarang.
MUNDURNYA Sri Mulyani Indrawati (SMI) dari menteri Keuangan ditanggapi beragam. Sebagian pengamat maupun politisi mengapresiasi positif mundurnya SMI dengan jabatannya yang baru sebagai direktur pelaksana Bank Dunia. Di Lembaga yang berpusat Di Bank Dunia, Sri Mulyani akan menggantikan Juan Jose Daboub, yang habis masa jabatannya. Juan Jose adalah  mantan menteri Keuangan El Savador.

Di posisinya, Sri Mulyani akan berdampingan dengan Ngozi Okonjo Iweala dan Graeme  Wheeler. Ngozi menduduki jabatannya sejak tahun 2007.  Sebelumnya, ia adalah Menteri Keuangan Nigeria. Sedangkan Graeme Wheeler- yang juga akan segera habis masa jabatannya pada Juni 2010-  adalah seorang pejabat dari kementerian keuangan Selandia Baru. Dari rilis Bank Dunia, Graeme juga akan segera berakhir di Bank Dunia, karena sudah memasuki empat tahun masa tugasnya.  Artinya, jika Sri Mulyani akan memulai tugasnya per 1 Juni mendatang, maka dia akan mengakhiri Jabatannya pada 31 Mei 2014. Bisa jadi, Sri Mulyani kembali menjelang pemilu Presiden 2014.

:TERKAIT Kini sejumlah orang berharap-harap cemas menunggu panggilan Presiden SBY, agar ditunjuk menggantikan posisi SMI. Ada sejumlah nama yang muncul. Seperti Anggito Abimanyu, Darmin Nasution, Agus Martowardoyo, Fuad Rahmany, dan bahkan Kuntoro Mangkusubroto juga masuk bursa.  Pejabat sementara Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dijagokan sejumlah pengamat, praktisi dan bahkan juga partai Golkar.Selain karakter dan integritasnya yang sudah diakui, Darmin juga memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi. Disamping  itu, Darmin juga memiliki kelengkapan karena pernah di Bapepam, Dirjen Pajak, dan sekarang di BI. Sehingga, dia bisa merekatkan kutub Lapangan Banteng dan Thamrin. Darmin sendiri nampaknya cukup menangkap sinyal dukungan ini. "Jika ditunjuk Presiden, saya siap," kata Darmin kepada wartawan.

Kepala Badan Analisa Fiskal Kementerian Keuangan Anggito Abimanyu juga tak kalah kencang di sebut. Ekonom penggemar musik jazz ini juga masuk bursa calon kuat. Mantan Ketua PAN  Amien Rais masuk dalam barisan pendukung Anggito. Selain mengusung Darmin, Partai Golkar juga menyodorkan nama Anggito ke Presiden SBY. "setahu saya, baik Darmin maupun Anggito  keduanya sudah dekat dengan Presiden SBY," ujar wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso. Berbeda dengan Darmin, Anggito memilih tak berkomentar ketika ditanya soal peluangnya  menggantikan Sri Mulyani."Saya lagi umroh, nanti kalau sudah berada di Indonesia saya akan memberikan komentarnya," kata Anggito melalui pesan singkatnya yang diterima JPNN kemarin.

MUNDURNYA Sri Mulyani Indrawati (SMI) dari menteri Keuangan ditanggapi beragam. Sebagian pengamat maupun politisi mengapresiasi positif mundurnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News