Menelusuri Jalur Illuminati yang Jadi TKP 'Angels and Demons'

Petunjuk Jalannya Kertas Kumuh Seukuran Kartu Pos

Menelusuri Jalur Illuminati yang Jadi TKP 'Angels and Demons'
Kastil Saint Angle yang menjadi tempat rute berakhir. Kastil ini dihiasi patung-patung karya Gian Lorenzo Bernini. Terdapat 'jalur rahasia' menuju Vatikan. Foto: Agung Putu Iskandar/Jawa Pos
Komunitas rahasia, Illuminati, seperti yang tercantum dalam novel laris karya Dan Brown, Angels and Demons, mengagetkan banyak orang. Berikut pengalaman wartawan Jawa Pos yang baru kembali dari Roma, AGUNG PUTU ISKANDAR, menelusuri rute-rute kelompok beranggota cendekiawan dan penyair tersebut.


= = = = = = = = = = =

   

DALAM Angels and Demons, Dan Brown menyebut Roma dan Vatikan sebagai kota yang menyimpan banyak simbol organisasi bawah tanah (secret society). Bahkan, tata letak kota tersebut sudah dibuat sedemikian rupa plus jalur-jalur bawah tanah buat Paus berlindung ketika Vatikan diserang.

   

Salah satu organisasi bawah tanah yang disebut Brown adalah Illuminati (bentuk plural dari kata dalam bahasa Latin, illuminatus, yang berarti "tercerahkan", Red). Seperti diceritakan dalam Angels and Demons, organisasi itu beranggota penyair dan ilmuwan.

   

Mereka adalah orang-orang yang sangat menghargai ilmu pengetahuan. Karena itulah, mereka kebanyakan bertentangan dengan gereja Katolik yang begitu berkuasa di Eropa pada periode abad ke-5 sampai 15.

Komunitas rahasia, Illuminati, seperti yang tercantum dalam novel laris karya Dan Brown, Angels and Demons, mengagetkan banyak orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News