Menelusuri Perjuangan Petani Indonesia demi Secangkir Kopi Warga Australia

Menelusuri Perjuangan Petani Indonesia demi Secangkir Kopi Warga Australia
Australia telah diakui dunia sebagai salah satu negara yang menyajikan kopi terenak. (Facebook: The Little Man Coffee)

Biji kopi asal Indonesia sudah dijual dan dihidangkan menjadi secangkir espresso atau cappucino di banyak negara, termasuk di kota Melbourne yang terkenal akan budaya 'ngopi'-nya.

Australia sudah diakui dunia sebagai salah satu negara terbaik dalam menyajikan kopi, meski masih mengandalkan negara-negara penghasil kopi untuk menggerakan industri kopi mereka.

Indonesia menjadi salah satu pengekspor kopi terbesar ke Australia dari kawasan Asia Pasifik, menempati urutan ke-3 setelah Vietnam dan India.

Menelusuri Perjuangan Petani Indonesia demi Secangkir Kopi Warga Australia Photo: Sejak tahun 2018, The Little Man Cafe di Melbourne menyajikan kopi yang 100 persen berasal dari Indonesia. (Facebook: The Little Man Cafe)

 

Kopi asli Indonesia telah diolah dan dijual di beberapa kafe di Melbourne, seperti di kedai kopi 'The Little Man Cafe' yang sudah berdiri tujuh tahun.

Christina Morgan, pemilik 'The Little Man Cafe' mengaku telah menyajikan seratus persen kopi dari Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Menelusuri Perjuangan Petani Indonesia demi Secangkir Kopi Warga Australia Photo: Christina mengatakan bahwa kopi Indonesia memiliki potensi yang tinggi di pasar Australia. (Koleksi pribadi)

 

"Saya suka sekali sama kopi Indonesia. Menurut saya kopi Indonesia itu memiliki potensi yang tinggi," kata Christina yang berasal dari Medan.

Biji kopi asal Indonesia sudah dijual dan dihidangkan menjadi secangkir espresso atau cappucino di banyak negara, termasuk di kota Melbourne yang terkenal akan budaya 'ngopi'-nya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News