JPNN.com

Mengaku Kopassus, Halangi Sidak Lahan Gambut

Rabu, 07 September 2016 – 19:24 WIB
Mengaku Kopassus, Halangi Sidak Lahan Gambut - JPNN.com
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

JAKARTA - Selain Penyidik PNS Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead juga mengalami pengadangan oleh oknum penjaga lahan perusahaan yang mengaku dari Kopassus. 

Hal ini terungkap melalui video rilisan BRG di laman youtube, yang menggambarkan penghadangan terhadap Zazir dan tim saat melakukan sidak ke salah satu anak perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)/APRIL pada 5 September 2016, di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Dalam video itu terdengar upaya dari petugas yang mengaku Kopassus, menghalangi sidak BRG. Dimana ia menyatakan perusahaan belum memberikan izin kepada rombongan BRG untuk masuk ke areal gambut yang sedang mereka garap.

"Bapak ada izin masuk ke sini pak? Sementara izin dari perusahaan kan belum ada Pak. Itu konfirmasi, sementara izin dulu lah Pak," kata oknum tersebut kepada Nazir.

Kepala BRG Nazir pun langsung menanggapi perkataan oknum tersebut. "Ini sidak Pak, kalau sidak itu tidak pakai izin," ujarnya, tegas.

"Sekarang kan tahap perundingan Pak, jadi tunggu dulu lah, kalau bapak mau sidak mau apa terserah lah, izin dulu," ujar oknum menimpali lagi. 

Salah sseorang staf BRG sempat mengkonfirmasi kepada oknum yang mengaku dari Kopassus. "Iya Pak. Alumni Bela Negara Grup III Kopassus," jawabnya.

Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A. Safitri membenarkan video tersebut. Hanya saja soal pengakuan oknum dari Kopassus, menurutnya klaim yang bersangkutan. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...