Mengapa Australia Akan Melakukan Referendum Terkait Warga Aborigin?

Mengapa Australia Akan Melakukan Referendum Terkait Warga Aborigin?
Ada usulan untuk mengubah konstitusi Australia terkait masa depan warga Pribumi Australia dan untuk mengubahnya perlu dilakukan referendum. (ABC News: Angelica Silva)

Ada sebuah pertanyaan yang harus dijawab Australia di tahun ini.

Apakah Australia perlu mengubah konstitusi untuk memastikan warga Pribumi Australia, yakni masyarakat Aborigin dan Torres Strait Island, memiliki suara berupa perwakilan di konstitusi?

"Kita semua akan memiliki suara yang sama, kita semua bisa memiliki bagian yang sama yang saya yakini akan menginspirasi dan mempersatukan Australia" kata PM Anthony Albanese.

Sebagai negara demokrasi, pertanyaan ini harus dijawab oleh seluruh warga Australia.

Hanya ada jawaban "ya" dan "tidak" yang akan diberikan warga yang masuk kelompok usia pemilih, lewat pemungutan suara sekitar Oktober dan Desember mendatang.

Tapi usulan ini sudah menyebabkan perdebatan di Australia, termasuk dari kalangan politisi dan komunitas Aborigin sendiri.

Kenapa harus ada referendum?

"Suara" warga Pribumi, atau disebut 'voice' rencananya akan dimasukkan ke dalam konstitusi, sebuah dokumen yang merinci bagaimana Australia diatur.

Apa pun yang berkaitan dengan konstitusi, termasuk jika akan diubah atau ditambah, perlu ada pemungutan suara atau referendum. 

Apakah Australia perlu mengubah konstitusi untuk memastikan warga Pribumi Australia, yakni masyarakat Aborigin dan Torres Strait Island, memiliki suara berupa perwakilan di konstitusi?

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News