Selasa, 16 Oktober 2018 – 15:06 WIB

Mengapa Bantuan Asing Australia Tidak Dialihkan Membantu Kekeringan Di Dalam Negeri ?

Jumat, 10 Agustus 2018 – 10:00 WIB
Mengapa Bantuan Asing Australia Tidak Dialihkan Membantu Kekeringan Di Dalam Negeri ? - JPNN.COM

Dengan sebagian kawasan Australia terutama di negara bagian New South Wales dan Queensland dilanda kekeringan panjang, media sosial di Australia dipenuhi dengan meme dan postingan mendesak pemerintah untuk mengalihkan bantuan asing guna membantu petani yang mengalami kekeringan.

Namun apakah ini merupakan ide yang bagus untuk dilakukan?

Salah seorang yang mempertanyakan bantuan asing dari Australia adalah Brian Egan yang menjalankan NGO bernama Aussie Helpers yang membantu para petani yang mengalami kesulitan.

Dia mengatakan tidak mengerti mengapa dana jutaan dolar dari Australia diberikan kepada petani di luar negeri sebagai bantuan.

"Kami mendapat pernyataan setiap hari soal ini." kata Egan.

"Mengapa mereka tidak mendapat bantuan."

"Dan mengapa orang misalnya di Indonesia dapat bantuan untuk pertanian mereka, sementara para petani kita mengalami kesulitan untuk bertahan hidup."

Menteri Pertanian Australia David Littleproud mendesak agar kita membaca dengan hati-hati apa yang muncul di media sosial.

"Kita harus melihat semua fakta." kata Littleproud.

"Saya sama patriotisnya dengan orang Australia lainnya, namun kita harus melihat realitas mengenai faktor apa yang mendorong pertanian di negara ini. Faktor pendorongnya adalah perdagangan."

Dia mengatakan kadang yang tidak terlibat adalah manfaat dari bantuan asing secara tidak langsung bagi petani di Australia.

"Kita memberikan bantuan asing $300 juta ke Indonesia, namun dalam kenyataannya ada $ 3 miliar perdagangan bahan-bahan pertanian dengan Indonesia." kata Littleproud lagi.

"Kita harus membuat keputusan dengan kepala dingin. Realitasnya adalah bantuan asing itu membuat para petani di Australia tetap hidup."

Bantuan asing hanya berjumlah 0,8 persen dari keseluruhan anggaran Australia.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, yang mengunjungi Samoa minggu ini, membela keputusan memberikan bantuan asing kepada negara-negara tetangga.

"Semua negara maju memberikan bantuan asing sebagai bagian dari usaha membina perdamaian dunia, keamanan dan membangun perekonomian negara-negara termiskin di dunia." kata Bishop.

"Kita membantu memperkuat keamanan di kawasan, dengan maksud Australia tidak terganggung pada konflik, terorisme dan ketidakstabilan."

"Kita membantu memperkuat sistem kesehatan di negara-negara di kawasan, sehingga mereka akan lebih bagus menangani pandemi dan penyakit lain sebelum sampai di Australia."

Menlu Bishop mengatakan ini bukan masalah antara uang bagi bantuan asing atau bantuan bagi petani di Australia.

"Dana bantuan asing tidaklah diambil dari dana yang sudah dianggarkan untuk layanan sosial dan bantuan kesejahteraan." kata Bishop.

Pendapat perlunya memindahkan dana bantuan asing ke petani di dalam negeri juga mendapat dukungan di parlemen di Canberra, dengan pemimpin One Nation Pauline Hanson menyerukan perubaha prioritas.

Dan Egan juga mengatakan tidak yakin bahwa pentingnya bantuan asing.

"Jujur saya, saya tidak banyak orang yang perduli lagi."

"Mengapa kita tidak membantu warga kita sendiri. Bukankah mereka harus jadi prioritas.
"Kita memiliki sektor pertanian yang besar, dan sekarang ini sangat menderita."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar