Mengawali 2019, Kiai Ma'ruf Menyambangi Ponpes di Bogor

Mengawali 2019, Kiai Ma'ruf Menyambangi Ponpes di Bogor
Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1). Foto: TKN Jokowi-Ma’ruf

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin melakukan silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren serta tim kampanye daerah (TKD) di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/1).

“Untuk mengawali 2019, saya terus melanjutkan silaturahim dan sekarang tentu lebih banyak ke Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Hari ini saya akan ke Bogor,” kata Kiai Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1) pagi.

Berdasar jadwal yang ada, Kiai Ma'ruf akan melakukan kegiatan dari pagi hingga malam nanti. Tujuan pertama adalah ke Khalifah Empang Habib Abdullah Al Athos, sekaligus ziarah ke Makam Keramat. Selanjutnya ke Ponpes Al Ghazaly menemui KH M. Mustofa dan ziarah ke makam Mama KH. Abdullah bin Nuh.

Perjalanan berikutnya adalah ke Ponpes Al Falaq, dilanjutkan ziarah ke makam Mama TB. Falaq bin Abbas. Kiai Ma'ruf akan melanjutkan perjalanan ke Rumah Kerja Relawan.

Malam harinya, Kiai Ma'ruf menuju Ponpes Roudhotul Hikam. Lalu mengikuti Manaqib Kubro dan Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani. "Alhamdulillah sehat. Acaranya padat, sampai malam. Insyaallah kuat," kata Kiai Ma'ruf.

Sosok yang karib disapa Abah itu mengatakan, sudah beberapa kali melakukan kegiatan di Bogor. Menurut Kiai Ma'ruf, Bogor merupakan merupakan salah satu wilayah yang sangat penting untuk dikunjungi. Terlebih lagi, pada Pilpres 2014 lalu, Joko Widodo kalah di Bogor. Karena itu, Kiai Ma'ruf menyatakan tidak ingin hal itu terulang di Pilpres 2019. "Sekarang harus menang. Makanya sangat kami prioritaskan," tegasnya.

Pendiri Ponpes An-Nawawi Tanara Banten itu juga sudah menyiapkan serangkaian kegiatan ke daerah lain di Indonesia. Antara lain ke Jakarta Utara, Sumatera Selatan, Bandung, Sumedang, Banten, Jawa Timur, Ponorogo, dan Kalimantan Selatan.(boy/jpnn)


Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin melakukan silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren serta tim kampanye daerah (TKD) di Bogor, Jabar, Sabtu.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News