Mengelola UMKM hingga Hasil Laut, Bea Cukai dan Pemda Bersinergi Tingkatkan Ekspor Daerah

Mengelola UMKM hingga Hasil Laut, Bea Cukai dan Pemda Bersinergi Tingkatkan Ekspor Daerah
Bea Cukai di Jawa Barat dan Merauke, Papua, bersinergi dengan instansi pemerintah di masing-masing daerah meningkatkan ekspor komoditas daerah. Foto/ilustrasi: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di Jawa Barat dan Merauke, Papua, bersinergi dengan instansi pemerintah di masing-masing daerah meningkatkan ekspor komoditas daerah.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat Saipullah Nasution menerima kunjungan kerja dari Asisten Deputi Fasilitasi Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tatang Yuliono.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menggali informasi terkait klinik ekspor di wilayah Bea Cukai Jabar, dan meminta masukan terkait pembentukan Dewan Penunjang Ekspor (DPE), guna membantu pelaku usaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meningkatkan ekspor dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Saipullah dalam sambutannya menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Jabar untuk meningkatkan kegiatan ekspor, salah satunya melalui rumah solusi ekspor impor.

“Rumah solusi merupakan program terobosan one stop solution dalam menjawab permasalahan yang dialami IKM/UMKM,” jelas Saipullah.

Saipullah berharap dengan kegiatan ini akan tercipta sinergi yang lebih kuat, serta tujuan untuk meningkatkan ekspor melalui penguatan kinerja dan kapasitas dari UMKM bisa tercapai, sehingga dapat bersaing di pasar global.

Tatang Yuliono menyambut baik program rumah solusi yang telah berjalan di Bea Cukai Jabar.

Menurut dia, program rumah solusi merupakan turunan nawacita.

Bea Cukai Jawa Barat dan Merauke, Papua, bersinergi dengan instansi pemerintah di masing-masing daerah meningkatkan ekspor komoditas daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News