JPNN.com

Mengenal Kabel Grounding yang Terpasang di Mobil

Jumat, 14 Agustus 2020 – 17:21 WIB
Mengenal Kabel Grounding yang Terpasang di Mobil - JPNN.com
Grounding Cable yang dipasang di aki mobil. Foto: dok Astra Peugeot

jpnn.com - BANYAK istilah teknis pada kendaraan bermotor yang belum tentu diketahui semua orang. Oleh karena itu, bagi pengguna yang ingin melakukan modifikasi harus memahami fungsi komponen yang diganti.

Salah satu istilah yang mungkin belum dipahami oleh pemilik kendaraan ialah kabel Grounding atau Grounding Cable. Bagi pemain mobil lama pasti paham istilah tersebut.

Apalagi peranti ini sempat bikin heboh di kalangan pehobi otomotif khususnya mobil modifikasi. Pasalnya, Grounding Cable diklaim mampu dongkrak performa hingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Pengaplikasian Grounding Cable menurut beberapa sumber memang perlu. Tujuannya, untuk menjaga arus listrik yang dialirkan dari aki ke objek tetap sama dan konsisten.

Namun, kompleksitas kondisi sistem kelistrikan mobil membuat arus setrum minus akibat berbagai hambatan yang dilalui. Penyebabnya, bisa dari kualitas kabel atau beban piranti yang ditanggung kelewat banyak.

Untuk itu mobil lansiran lawas yang belum dilengkapi komponen ini atau kondisi fisiknya sudah berkurang akibat korosi diperlukan Grounding system.

Tujuannya, untuk menjaga kestabilan arus listrik serta membuat performa kelistrikan makin sempurna.

Menurut penuturan Aftersales Support PT Astra International Tbk-Peugeot, Samsudin bahwa fungsi utama sudah pasti sebagai penstabil arus setrum, serta mempemudah akses ke negative baterai.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia