JPNN.com

Mengenal Melasma pada Wanita Hamil

Jumat, 06 Maret 2015 – 01:45 WIB Mengenal Melasma pada Wanita Hamil - JPNN.com

PADA saat hamil, wanita mengalami berbagai macam perubahan salah satunya adalah perubahan kulit. Faktor yang menyebabkan perubahan kulit pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen, progesteron dan adanya peregangan kulit akibat tubuh yang kian membesar.

Dengan adanya perubahan hormon tersebut biasanya sering terjadi masalah kulit saat hamil, salah satunya adalah melasma. Masalah kulit saat hamil akan mengakibatkan ibu hamil merasa tidak nyaman. 

1. Apa itu melasma?

"Melasma juga dikenal sebagai kloasma, adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya bercak hiperpigmentasi yang dapat timbul di daerah kulit manapun yang telah terekspos oleh sinar matahari secara terus menerus, biasanya di dagu, pipi, dahi dan bibir atas," kata dokter kulit, Dr. Bethanee Schlosser, seperti dilansir laman Fox News.

Meskipun melasma biasanya muncul antara trimester pertama dan kedua, hal ini bisa terjadi pada setiap titik dalam kehamilan.

2. Faktor risiko

Menurut National Institutes of Health, 50 sampai 70 persen wanita hamil akan memiliki melasma. Melasma juga lebih mungkin untuk terulang kembali pada kehamilan berikutnya.

Wanita yang terkena melasma sering memiliki kecenderungan genetik. Bahkan, sebuah penelitian baru-baru ini dalam jurnal Dermatology and Therapy menemukan bahwa 31 persen wanita dengan melasma memiliki riwayat keluarga dengan kondisi sama.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...