Mengenal Penyakit Kutil Kelamin, Kerap Dianggap Sepele, Tetapi Bahaya

Mengenal Penyakit Kutil Kelamin, Kerap Dianggap Sepele, Tetapi Bahaya
Spesialis Kulit dan Kelamin (Dermato-venereologi) dokter Amelia Soebyanto dalam diskusi daring Klinik Pramudia dengan tema “Kupas Tuntas Genital Warts pada Perempuan”, Rabu (15/6). Foto: tangkapan layar diskusi daring Klinik Pramudia

jpnn.com, JAKARTA - Genital Warts atau kutil kelamin menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan rentan menyerang manusia terutama perempuan.

Spesialis Kulit dan Kelamin (Dermato-venereologi) dokter Amelia Soebyanto mengatakan berdasarkan data, penyakit Genital Warts di seluruh dunia dari tahun 2001 hingga 2012 adalah 120,5 kasus per 100.000 per tahun yang dialami perempuan.

Penyakit itu kerap dianggap sepele karena dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala yang berarti.

Padahal jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, sekitar 50 persen dari kasusnya menunjukan Genital Warts mampu bertransformasi menjadi penyakit yang ganas, salah satunya kanker serviks.

Hal ini diungkapkan Amelia dalam diskusi daring Klinik Pramudia dengan tema 'Kupas Tuntas Genital Warts pada Perempuan'.

“Genital Warts diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV)1 merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum terjadi, namun memberikan efek tidak hanya sakit fisik, tetapi juga mental penderitanya,” ucap Amelia, Rabu (15/6).

Adapun, tipe HPV yang paling sering mengakibatkan Genital Warts, yaitu tipe 6 dan tipe 11.

Tipe HPV yang menyebabkan Genital Warts memang tidak sama dengan HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Genital Warts atau kutil kelamin menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan rentan menyerang manusia terutama perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News