Mengenal Roadshow PPAN Asal Maluku Utara 2017

Mengenal Roadshow PPAN Asal Maluku Utara 2017
Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) asal Maluku Utara 2017. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah program tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berupa pengiriman pemuda-pemudi terbaik dari seluruh pelosok Indonesia mewakili daerah masing-masing dan juga Indonesia di tingkat internasional. Untuk Maluku Utara, program ini telah terlaksana sejak 2003 sampai sekarang.

Ika Fuji Rahayu - Ternate

PPAN menawarkan berbagai program yang beragam. Seperti Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada, Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia, Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Australia.

Selain itu, Indonesia-China Youth Exchange Program (ICHYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia China, Ship for South East Asia Youth Exchange Program (SSEAYP) atau Pertukaran Pemuda Asean-Jepang, Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP) atau Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan, dan Asean Students Visit India (ASVI) atau Pertukaran Pemuda Asean-India.

Adapun persyaratan umum yang harus dimiliki untuk para peserta seleksi PPAN di antaranya Berkewarganegaraan Indonesia dan merupakan putra daerah yang berdomisili di Provinsi Malut; Pemuda usia antara 18 tahun sampai dengan 30 tahun; belum menikah; berpendidikan terakhir SMA/SMK/Sederajat.

Persyaratan lainnya adalah sehat jasmani dan rohani; menguasai kesenian/kebudayaan Malut; berwawasan luas secara nasional maupun internasional; serta pastinya dapat berkomunikasi secara aktif dan efektif dalam bahasa inggris.

Setiap tahunnya, Kemenpora bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi di seluruh Indonesia bersama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) atau Alumni Pertukaran Pemuda Antar Negara akan menyelenggarakan seleksi terbuka untuk seluruh pemuda-pemudi Indonesia yang ingin mengikuti PPAN. Begitu pula tahun ini. Tahun 2017 ini Maluku Utara berkesempatan mendapat dua kuota PPAN yaitu ICYEP (Pemuda usia 18-24 tahun) dan SSEAYP (Pemuda usia 20-30 tahun).

PCMI Malut saat ini tengah melaksanakan Roadshow PPAN Maluku Utara 2017. Tujuannya untuk mempromosikan PPAN 2017 ke kampus-kampus di Malut. Di antaranya Universitas Khairun, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, Politeknik Kesehatan (Poltekkes Ternate), Universitas Bumi Hijrah Sofifi, serta Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK) Banau.

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah program tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berupa pengiriman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News