Mengenal Senam Ibu Hamil: Gerakan Yoga

Mengenal Senam Ibu Hamil: Gerakan Yoga
Mengenal Gerakan Senam Ibu Hamil (Bagian-1). Foto JPNN.com

jpnn.com - Senam hamil kini menjadi salah satu aktivitas yang booming di kalangan ibu hamil. Senam hamil juga menjadi salah satu olahraga yang sangat disarankan bagi calon ibu untuk olah fisik dan menjaga kebugaran selama masa kehamilan.

Dokter Unggul Prabowo SpOG, ahli kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Adi Husada, Undaan Wetan, Surabaya, Jawa Timur menjelaskan bahwa ada berbagai jenis senam hamil yang bisa dilakukan.

Yang sedang booming adalah senam hamil yophytta. Itu adalah gabungan beberapa jenis olahraga, yoga, pilates, hypnoterapi, dan taichi.

“Sebenarnya, inti gerakan utama dalam senam hamil adalah gerakan peregangan dan kegel yang dikombinasi dan disesuaikan dengan kebutuhan atau gerakan yang aman bagi ibu hamil,” kata Unggul seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Minggu (1/3).

Yang pertama adalah gerakan-gerakan yoga dalam senam hamil. Ada banyak gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Ada kumpulan gerakan yoga yang bisa dilakukan.

Di antaranya, surya namaskar atau postur menghormati matahari. Itu merupakan rangkaian 12 gerakan yoga yang dilakukan secara mengalir dengan mengikuti tarikan dan embusan napas.

Gerakan-gerakan itu bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh, melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan konsentrasi, dan menenangkan pikiran.

“Surya namaskar juga dapat digunakan sebagai sesi pemanasan atau peregangan sebelum gerakan yoga lainnya,” terang Unggul. (ono/jpnn)

Senam hamil kini menjadi salah satu aktivitas yang booming di kalangan ibu hamil. Senam hamil juga menjadi salah satu olahraga yang sangat disarankan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News