Mengenal 'Smoko', Istilah Khas Australia yang Artinya Kini Sudah Berubah

Mengenal 'Smoko', Istilah Khas Australia yang Artinya Kini Sudah Berubah
Istilah 'smoko' diabadikan dalam lukisan 'Smoko in the shade' karya B Malloch tahun 1987.  (Supplied)

Kalau di Australia Anda bekerja sebagai 'tradies', sebutan pekerja di bidang yang banyak mengandalkan kekuatan fisik, atau jika kerja di bidang pertanian, dan merasa lelah, saatnya untuk melakukan 'smoko' untuk melemaskan otot dan menghapus penat.

'Smoko' menjadi istilah yang artinya beristirahat, biasanya sebelum waktu makan siang. Kata ini adalah bentuk singkat dari 'smoking' atau merokok.

Belakangan 'smoko' tidak lagi identik dengan merokok, melainkan sebagai kesempatan untuk mengisi ulang energi.

Istilah 'smoko' mendapat perhatian internasional berkat lagu berjudul 'smoko' yang dipopulerkan dari band Australia The Chats. Tapi masih banyak yang menanyakan asal-usul istilah slang ini.

Apa itu smoko?

Kamus Macquarie mendefinisikan 'smoko' sebagai (1) jeda kerja di pagi atau sore hari, awalnya untuk memberikan waktu bagi pekerja untuk merokok tembakau; (2) makanan atau minuman yang dikonsumsi pada saat jeda kerja.

Menurut Mark Gwynn dari Pusat Kamus Nasional Australia di Canberra, definisi resmi 'smoko' memang ada. 

"Ini adalah istirahat untuk minum teh, istirahat dari pekerjaan. Bisa juga berarti makanan dan minuman yang disediakan pada waktu istirahat itu," jelasnya.

Anggota perwakilan rakyat di parlemen Australia, Bob Katter, dikenal sebagai salah satu penggemar 'smoko' di kalangan politisi.

'Smoko' adalah istilah yang banyak digunakan di kalangan 'tradies', sebutan pekerja di bidang yang banyak mengandalkan kekuatan fisik di Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News