Mengenal Sosok Mas Pardi, Pendiri TNI AL dan KSAL Pertama

Mengenal Sosok Mas Pardi, Pendiri TNI AL dan KSAL Pertama
Laksamana Muda TNI (Purn) Mas Pardi. Foto: Wikipedia.org

jpnn.com, SEMARANG - Mas Pardi bukanlah orang biasa. Pria kelahiran Ambarawa, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1901 itu, tercatat sebagai pendiri sekaligus pemimpin Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut pusat,  cikal bakal berdirinya TNI Angkatan Laut.

Mas Pardi pun tercatat sebagai KSAL Pertama. Jabatan terakhir pengembang ilmu pelayaran nasional ini adalah Laksamana Muda TNI (Purn).

Korps Pelaut TNI AL ini ternyata salah seorang anggota delegasi RI pada Sidang Hukum Laut Internasional di Jenewa pada tahun 1958.

Namun, perjuangan Mas Pardi dalam membesarkan bidang maritim di Tanah Air tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengenalnya.

Oleh karena itu, Dinas Sejarah Angkatan Laut (Disjarahal) mencoba mengangkat perjuangan sang Laksamana supaya bisa menjadi teladan dan mewarisi perjuangannya.

Mengenal Sosok Mas Pardi, Pendiri TNI AL dan KSAL Pertama

Para narasumber saat Dialog Sejarah bertema “Merunut Perjuangan Laksamana Mas Pardi Untuk Ibu Pertiwi” di KRI Dewaruci yang sandar di Pelabuhan, Tanjung Emas, Semarang, Jumat (5/3). Foto: Dispenal

Salah satunya, menurut Kadisjarahal Laksamana Pertama TNI Supardi, dengan menyelenggarakan Dialog Sejarah. 

Mengenal Mas Pardi, pendiri sekaligus pemimpin Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut pusat, cikal bakal berdirinya TNI Angkatan Laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News