Senin, 10 Desember 2018 – 04:26 WIB

Mengenalkan Profesi dengan Cara Menyenangkan

Minggu, 14 Oktober 2018 – 10:05 WIB
Mengenalkan Profesi dengan Cara Menyenangkan - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Sedari kecil sebaiknya buah hati dikenalkan dengan beragam profesi yang ada. Caranya, bisa dikemas dengan permainan yang fun. Misalnya, yang dilakukan Elly Mayasari, mama seorang kid influencer Surabaya Jade Hartono. Dia mengajak buah hatinya bersama teman-teman Jade belajar mengenali aneka profesi di Kidzooona Ciputra World Surabaya.

Di area role play town tersebut, mereka bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan. Tapi, kali ini mereka memilih belajar di sebuah kedai es krim. Jade dan Nicole Freya Guitono bertugas menjadi penjualnya. Selanjutnya, Billie Sofia Wang, Aubree Arella, Joy, dan Alodia menjadi pembeli. Di sana mereka bisa belajar cara jual beli. 

Pertama, Billie, Aubree, Joy, dan Alodia diajarkan untuk berbaris sebagaimana tata cara untuk mengantre yang baik. ''Tidak boleh saling menyerobot ya,'' ujar Elly. Mereka juga dibekali dengan uang-uang mainan, tapi tetap dengan nominal sungguhan. Nicole membuatkan es krim, sedangkan Jade menjadi kasir. 

Namanya juga anak-anak, mereka sulit menjaga antreannya tetap rapi. Saling berebut es krim menjadi pemandangan sore itu. ''Aku mau yang cokelat, aku mau stroberi, mau yang vanila,'' ujar para pembeli bersahut-sahutan sambil langsung menyodorkan uang. Keramaian tersebut membuat Jade dan Nicole kebingungan. 

''Tadi ramai banget. Ada yang ini dan itu, nggak mau ngantre. Ada juga yang bayarnya uangnya dikasih semua. Aku jadi bingung. Tapi seruuuu. Jadi kasir ternyata asyik,'' ungkap Jade setelah selesai role play. Dari situ, Elly kemudian menyampakain pelajaran apa yang bisa di dapat dari situ.

''Jadi, sekarang kalian bisa tahu kan bahwa pekerjaan apa pun itu mempunyai sesuatu yang menyenangkan maupun yang susah,'' jelasnya. Meski masih berantakan, dia berharap mereka bisa belajar sesuatu dari situ. Misalnya, mengantre, bersabar, dan susahnya mencari uang.

''Nah, saya berharap mereka nanti nggak meremehkan apa pun pekerjaan orang lain karena mereka sudah tahu susahnya bagaimana,'' sambungnya. (ama/c22/any) 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar