Menggaungkan Suara Perempuan dan Anak Muda Penambang via Foto dan Video

Menggaungkan Suara Perempuan dan Anak Muda Penambang via Foto dan Video
Hasil program pelatihan Photovoice dipaparkan di kegiatan kesebelas Ruang XY yang terdiri dari pameran foto dan video hasil karya penambang skala kecil dan diskusi nasional daring. Foto: WiME

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas penambang skala kecil tersebar luas di Indonesia meskipun jumlahnya tidak pernah terdokumentasi dengan baik.

Pekerjaan sebagai penambang, baik formal maupun informal, diminati karena dianggap memberikan hasil yang besar dan cepat.

Perempuan dan anak muda adalah bagian dari komunitas penambang skala kecil. Mereka menjalankan berbagai macam peran untuk berkontribusi pada ekonomi rumah tangga.

Ada yang menjadi penambang aktif. Ada pula yang berwirausaha untuk membantu pasangan atau orang tua mereka yang bekerja sebagai penambang.

Dalam konteks saat pandemi virus corona (covid-19) melanda seperti sekarang, perempuan dan anak muda menjadi salah satu kelompok masyarakat yang menerima dampak cukup berat.

Pandemi menyebabkan mata pencaharian mereka berkurang, bahkan hilang akibat kegiatan penambangan yang dikurangi atau terhenti.

Dalam kondisi krisis ketika anggota dewasa dalam rumah tangga harus berhenti bekerja akibat pandemi, perempuan dan anak muda menjadi tumpuan utama.

Mereka harus mencari mata pencaharian alternatif sebagai upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga.

Komunitas penambang skala kecil tersebar luas di Indonesia meskipun jumlahnya tidak pernah terdokumentasi dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News