Menggoda Calon Pemilih Jatuh Hati, Sekolah Partai PDIP Dapat Acungan 2 Jempol

Menggoda Calon Pemilih Jatuh Hati, Sekolah Partai PDIP Dapat Acungan 2 Jempol
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Sekjen Hasto Kristiyanto saat menghadiri Pembukaan Sekolah Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan di kantor lama DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Program PDI Perjuangan menggelar Sekolah Partai buat calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada serentak Desember 2015, mendapat apresiasi positif, acungan dua jempol.

PDI Perjuangan dianggap telah selangkah lebih maju memelopori penguatan demokrasi. 

"Saya menilai penyelenggaraan sekolah bagi calon kepala daerah oleh PDI Perjuangan merupakan langkah maju bagi partai itu sendiri, sekaligus langkah maju bagi penguatan demokrasi di Indonesia," kata pengamat politik dan kebijakan publik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Leo Agustino, Minggu (28/6).

Leo menilai, pilkada serentak sebenarnya bukan hanya bertujuan untuk mendidik masyarakat menjadi pemilih yang cerdas. Namun juga merupakan perwujudan keinginan rakyat akan hadirnya kepala daerah yang mengerti rakyatnya.

"Sebagai partai kader, PDI Perjuangan sudah sepatutnya mempersiapkan kader terbaiknya untuk bersaing dalam pemilihan kepala daerah," tandasnya.

Dalam gelombang kedua pilkada langsung seperti saat ini, profil figur merupakan hal utama dalam menentukan pilihan pemilih. Menurutnya, pemilih akan mudah jatuh hati pada calon kepala daerah yang punya jejak rekam positif.  

"Pemilih tidak mau lagi memilih calon kepala daerah yang bisanya hanya menggelontorkan uang untuk membeli suara, tapi secara administrasi publik ia tidak bisa apa-apa," ujar Leo. 

Dia melanjutkan, sudah sewajarnya rakyat menginginkan calon kepala daerah yang mampu mendengar keinginan dan kebutuhan publik, mampu berkomunikasi secara efektif dengan legislatif, mengerti mengembangkan organisasi publik di daerah, hingga cerdas dalam mengelola keuangan publik di wilayah administrasinya. 

JAKARTA - Program PDI Perjuangan menggelar Sekolah Partai buat calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada serentak Desember 2015, mendapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News