Menghalalkan Mariyuana

Oleh Dahlan Iskan

Menghalalkan Mariyuana
Dahlan Iskan di ladang mariyuana di Oregon, Amerika Serikat. Foto: disway.id

jpnn.com - AKHIRNYA mariyuana dinyatakan bukan barang terlarang lagi. Di seluruh Amerika Serikat. Secara nasional.

DPR Amerika baru saja mengesahkan RUU baru tentang itu: 5 Desember lalu.

Hasil pemungutan suara di DPR hari itu: 228 lawan 164 suara. Lima orang anggota DPR dari Partai Republik membelot: ikut setuju. Sebaliknya enam anggota DPR dari Partai Demokrat menolak.

Memang bisnis mariyuana kian marak di Amerika. Di mana-mana mulai muncul ladang pertanian mariyuana. Terutama di negara-negara bagian yang sudah lebih dulu membolehkannya.

Saya pernah diajak meninjau pertanian seperti itu di Oregon. Dua tahun lalu. Oregon termasuk yang sudah membuang larangan itu.

Ketika perjalanan saya sampai di negara bagian Kansas, ternyata banyak petani yang juga sudah tertarik bertanam mariyuana. Bahkan kantor gubernur di Kansas, saat itu, sedang menyelenggarakan lokakarya tata area bercocok tanam mariyuana secara benar.

Baca Juga:

'Secara benar' yang dimaksud adalah jangan sampai salah tanam. Yakni jangan mengambil bibit yang bisa membuat tanaman itu menghasilkan kadar obat bius yang tinggi. Agar tidak terkena razia di kemudian hari.

Tanaman mariyuana (hemp) kini memang lagi banyak dicari untuk diambil minyaknya. Dijadikan obat.

Harga minyak CBD yang mahal merangsang petani untuk mencoba bertanam mariyuana. Saya pernah diajak meninjau pertanian seperti itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News