Menginsipirasi Kemandirian Bangsa Lewat Buku

Menginsipirasi Kemandirian Bangsa Lewat Buku
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo bersama dengan Prof Sri Edi Swasono. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengapresiasi buku yang merupakan karya dari Prof Sri Edi Swasono. Menurutnya, buku yang diluncurkan sebagai rangkaian memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menarik untuk dibaca para pemuda di Indonesia.

"Alhamdulillah saya bersyukur kehadiran buku yang berisikan tulisan Sri Edi Swasono yang banyak di kolom media. Ini menjadi salah satu penggerak pendidikan pemuda sekarang dan menggugah semangat pemuda kita. Atas nama pemerintah kami senang dengan launching buku ini," kata Roy di acara peluncuran buku berjudul Kedaulatan, Kebangsaan, Kerakyatan: Mengisi Kemerdekaan di Ruang Ki Sarino Mangun Pranoto, Kampus 1 Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Jumat (2/5).

Penghargaan yang sama juga datang dari Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti  Adipati Aryo Pakualam IX. Sebagai karya yang memperkaya khazanah keilmu di Indonesia, buku tersebut tentunya sangat penting untuk mendorong peningkatan kualitas suatu bangsa di bidang pendidikan.

"Kita harus ingat pejuang pendidikan Indonesia yakni, Ki Hajar Dewantoro, sebagai penerus bangsa kita harus siap meneruskan perjuangannya. Bangsa Indonesia perlu mewarisi buah pikirannya tentang pendidikan untuk kemajuan bangsa. Dengan semangat pendidikan, mari kita semua bersama-sama memajukan pendidikan Indonesia. Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peluncuran buku ini," kata Pakualam IX.

Sri Edi Swasono, mengaku buku tersebut ditulis untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri  "Terima kasih kepada semua peserta yang hadir di sini, termasuk Wakil Gubernur Sri Pakualaman IX dan Menpora Roy Suryo. Semoga buku ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menjadi bangsa mandiri yang berkedaulatan, berkebangsaan, Kerakyatan," kata Edi Swasono

Banyak karya, pengalaman, serta penghargaan yang dihasilkan dari kerja Edi Swasono. Karya-karyanya antara lain adalah Terobosan Kultural (1986), Demokrasi Ekonomi: Keterkaitan Usaha Partisipasi VS Konsentrasi Ekonomi (1988), Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi (1991), dan Menuju Pembangunan Perekonomian Rakyat (1998). (awa/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengapresiasi buku yang merupakan karya dari Prof Sri Edi Swasono. Menurutnya, buku yang diluncurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News